Akhir Tahun ini Ijin Pendanaan Elektronik Tokopedia dengan Paytren Akan Terbit

//Akhir Tahun ini Ijin Pendanaan Elektronik Tokopedia dengan Paytren Akan Terbit

Akhir Tahun ini Ijin Pendanaan Elektronik Tokopedia dengan Paytren Akan Terbit

Bank Indonesia (BI) menyebut, perizinan dana di elektronik yg tersedia di dalam aplikasi beberapa perusahaan perdagangan dan jasa online (e-commerce), misal Bukalapak, Tokopedia, serta Shopee bakal terbit pada akhir tahun ini.

Bersamaan dengan itu, ijin uang elektronik serta layanan pengisian saldo (top up) buat Paytren serta Grab yg berupa marketplace pun diperkirakan dapat terbit pada akhir tahun.

Direktur Program Elektronifikasi Departemen Kebijakan dan Pengawasan Sistim Pembayaran BI Pungky Purnomo Wibowo menerangkan, kala ini bank sentral tengah memproses semua pengajuan ijin tersebut.

Malahan, pembayaran dengan uang elektronik tersebut telah dimanfaatkan oleh pelanggan e-commerce. Ada juga di dalam pemakaian uang elektronik itu, pihak e-commerce bekerjasama dengan perbankan dan jaringan toko ritel buat melangsungkan top up.

“Prosesnya 45 hari kerja, kita tunggu sampai dokumen beres. Peraturannya kita finalisasi, tak sampai tahun baru (2018) sudah keluar kok,” ucap Pungky di kawasan Menteng, Selasa (8/11).

Tetapi, jika tersedia perizinan yg belom pula selesai sampai awal tahun depan, Pungky bilang, tentu itu bukan gara-gara proses perizinan pada BI yg lama. Karna, dapat saja, e-commerce yg mengajukan belom benar-benar melengkapi datanya.

Sebelumnya, ijin uang elektronik oleh sejumlah e-commerce terpaksa dibekukan oleh BI. Padahal, sistim pembayaran uang elektronik tersebut telah berjalan pada aplikasi masing-masing e-commerce.

Tetapi, pemakai uang elektronik tersebut sekedar dapat menggunakan layanan pembayaran buat produk dan jasa yg ditawarkan masing-masing e-commerce di dalam aplikasinya.

Sebelumnya, BI telah membagikan ijin pemakaian uang elektronik pada marketplace, PT Go-Jek Indonesia yg dikenal dengan Go-Pay.

By | 2017-11-22T16:18:48+00:00 November 22nd, 2017|news|0 Comments

Leave A Comment